Laporankeuanganperusahaan

Up to date dalaam segala perubahan

200 Sektor Usaha tidak Siap Hadapi FTA Januari 2, 2010

Filed under: Uncategorized — laporankeuanganperusahaan @ 3:31 am

Sedikitnya 200 dari 2.000 sektor usaha di Indonesia dinyatakan paling tidak siap menghadapi persaingan pasar bebas di Asia Tenggara.
Ini terkait dengan realisasi lanjutan perjanjian perdagangan bebas (FTA) ASEAN dan FTA ASEAN-China per 1 Januari 2010. “Dari sekitar 2.000 sektor usaha di Indonesia ada sekitar 200 yang belum siap menghadapi pasar bebas,” kata Deputi Menko Perekonomian Bidang Perindustrian dan Perdagangan Edy Putra Irawadi, di Jakarta, pekan lalu.

Daya saing ke-200 sektor usaha itu tergolong industri yang sangat lemah, dan harus dilepaskan karena memang tidak kompetitif menghadapi pasar bebas. Mengacu pada analisis daya saing, Departemen Perindustrian (Dep-perin) sendiri memberikan empat rekomendasi jadwal implementasi tarif. Produk berdaya saing sangat lemah terpaksa direkomendasikan untuk tetap diikutkan dalam FTA ASEAN-China pada 2010, bersama dengan kelompok produk berdaya saing kuat dan seimbang.

“Indonesia harus fokus. Sebab kita tidak bisa mengakomodasi seluruh sektor industri karena tidak seluruhnya siap menghadapi era pasar bebas,” papar Edy.

Sekjen Depperin Agus Tjahajana menjelaskan, pihaknya masih menunggu penyelesaian usul modifikasi dan suspensi sementara 303 pos tarif delapan sektor industri yang diusulkan ditunda.

“Setelah notifikasi pos tarif selesai dilakukan, Depdag akan bernegosiasi di tingkat ASEAN. Modifikasi maupun penundaan konsesi implementasi pos tarif berlaku efektif 180 hari setelah surat pengajuan ke ASEAN diterima.”

Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan Anggito Abimanyu, peraturan Menteri Keuangan yang mengatur tarif penghapusan bea masuk (BM) itu akan terbit lima hari sebelum 1 Januari 2010. Ditambah usulan BM antidumping (BMAD) dari Komite Anti Dumping Indonesia.

Ketika dihubungi, Direktur Impor Ditjen Perdagangan Luar Negeri Departemen Perdagangan Partogi Pangaribuan mengatakan usulan itu masih dalam pembahasan. “Saya belum bisa memberikan jawaban pasti, mungkin minggu depan akan ada hasilnya.”

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s